Cite This        Tampung        Export Record
Judul PROFIL PENGAJARAN BAHASA DAERAH PADA KELAS AKSELERSI, UNGULAN DAN REGULER DI SMP NEG. 3 TANETE RILAU KABUPATEN BARRU / ANDI DAHLIAH
Pengarang ANDI DAHLIAH
#CONTRIBUTOR#
EDISI Skripsi
Penerbitan Universitas Hasanuddin : Fak. Sastra, 2013
ISMN --andidahlia-10228
/Skripsi/Ilmu Budaya / Culture Science/Sastra Daerah/
Subjek BAHASA DAERAH
Abstrak Penelitian survei ini bertujuan untuk mengetahui profil pengajaran bahasadaerah pada kelas akselerasi, unggulan dan regular pada SMP Negeri 3 TaneteRilau.Mengingat pangajaran muatan lokal bahasa daerah merupakan pengajaranmuatan lokal yang keluarannya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan daerah dankepentingan nasional.Profil pengajaran bahasa daerah yang dimaksud di sini adalah meliputikomponen-komponen yang terlibat di dalam pengajaran yang dapat mendukungkeberhasilan suatu pengajaran bahasa daerah.Dimana kita ketahui bahwa bahasadaerah merupakan kekayaan serta identitas dan kebutuhan suatu daerah.Salah satukebutuhan daerah yang dimaksud adalah pelestarian dan pengembangan kebudayaandaerah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profilpengajaran bahasa daerah pada kelas akselerasi, unggulan dan reguler pada SMPNegeri 3 Tanete Rialu Kabupaten Barru sebagai salah satu sekolah yang memiliki 3tingkatan kelas yang berbeda yaitu akselerasi, unggulan, dan reguler danmendeskripsikan pula tingkat hasil pengajaran bahasa daerah pada tiga tingakatankelas tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentukstudi kasus (case study) dan pengumpulan data diperoleh melalui metode observasi,wawancara (interview) dengan bentuk wawancara terbuka (open interview), danmetode documenter.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengajaran bahasa daerah padakelas akselerasi, unggulan, dan reguler pada SMP Negeri 3 Tanete Rilau belumsepenuhnya maksimal dari segi pengajaran belum maksimal.Hal ini membuktikankarena masih ada komponen-komponen pengajaran bahasa daerah Bugis yang belumdapat dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, sepertiperumusan tujuan pembelajarannya belum sesuai dengan keadaan daerahsetempat.Hal ini disebabkan kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki SMPNegeri 3 Tanete Rilau Kabupaten Barru, terutama buku-buku yang dapat menunjangpelaksanaan kegiatan belajar mengajar.Sehingga mengurangi minat dan ketertarikansiswa untuk pelajaran bahasa daerah ini.Namun sikap Kepala Sekolah selaku penentuarah kebijakan menunjukkan adanya perhatian yang tinggi terhadap pengajaranmuatan lokal bahasa daerah untuk menjadikannya lebih baik lagi.
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000009604
005 20200529034030
008 200529################|##########|#|##
024 0 $a--andidahlia-10228
024 0 $a/Skripsi/Ilmu Budaya / Culture Science/Sastra Daerah/
035 # # $a 0010-0517009604
041 $a ind
042 $adc
084 # # $a SKR-B13 DAH p
100 0 # $a ANDI DAHLIAH
245 1 # $a PROFIL PENGAJARAN BAHASA DAERAH PADA KELAS AKSELERSI, UNGULAN DAN REGULER DI SMP NEG. 3 TANETE RILAU KABUPATEN BARRU /$c ANDI DAHLIAH
246 0 $a-2013
250 # # $a Skripsi
260 # # $a Universitas Hasanuddin :$b Fak. Sastra,$c 2013
520 # # $a Penelitian survei ini bertujuan untuk mengetahui profil pengajaran bahasadaerah pada kelas akselerasi, unggulan dan regular pada SMP Negeri 3 TaneteRilau.Mengingat pangajaran muatan lokal bahasa daerah merupakan pengajaranmuatan lokal yang keluarannya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan daerah dankepentingan nasional.Profil pengajaran bahasa daerah yang dimaksud di sini adalah meliputikomponen-komponen yang terlibat di dalam pengajaran yang dapat mendukungkeberhasilan suatu pengajaran bahasa daerah.Dimana kita ketahui bahwa bahasadaerah merupakan kekayaan serta identitas dan kebutuhan suatu daerah.Salah satukebutuhan daerah yang dimaksud adalah pelestarian dan pengembangan kebudayaandaerah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profilpengajaran bahasa daerah pada kelas akselerasi, unggulan dan reguler pada SMPNegeri 3 Tanete Rialu Kabupaten Barru sebagai salah satu sekolah yang memiliki 3tingkatan kelas yang berbeda yaitu akselerasi, unggulan, dan reguler danmendeskripsikan pula tingkat hasil pengajaran bahasa daerah pada tiga tingakatankelas tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentukstudi kasus (case study) dan pengumpulan data diperoleh melalui metode observasi,wawancara (interview) dengan bentuk wawancara terbuka (open interview), danmetode documenter.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengajaran bahasa daerah padakelas akselerasi, unggulan, dan reguler pada SMP Negeri 3 Tanete Rilau belumsepenuhnya maksimal dari segi pengajaran belum maksimal.Hal ini membuktikankarena masih ada komponen-komponen pengajaran bahasa daerah Bugis yang belumdapat dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, sepertiperumusan tujuan pembelajarannya belum sesuai dengan keadaan daerahsetempat.Hal ini disebabkan kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki SMPNegeri 3 Tanete Rilau Kabupaten Barru, terutama buku-buku yang dapat menunjangpelaksanaan kegiatan belajar mengajar.Sehingga mengurangi minat dan ketertarikansiswa untuk pelajaran bahasa daerah ini.Namun sikap Kepala Sekolah selaku penentuarah kebijakan menunjukkan adanya perhatian yang tinggi terhadap pengajaranmuatan lokal bahasa daerah untuk menjadikannya lebih baik lagi.
540 $a#RIGHTS#
546 $aBahasa Indonesia
650 # $a BAHASA DAERAH
655 0 $adc_document$2local
700 0 # $a #CONTRIBUTOR#
786 0 $n#SOURCE_URL#
787 0 $n12015-01-13 09:19:47--andidahlia-10228-1-13-andi-).pdf./files/disk1/205/--andidahlia-10228-1-13-andi-).pdf/download.php?id=1001413- ANDI DAHLIAH(FILEminimizer).pdfapplication/pdf1813853
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 --andidahlia-10228-1-13-andi-).pdf pdf Baca Online
Content Unduh katalog
 
Karya Terkait :
ANALISIS PENGARUH KREDIT MIKRO TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI SULAWESI TENGGARA : Analysis of microcredit effect on poverty alleviation through microenterprise development in South East Sulawesi / MUH. YANI BALAKA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA INSPEKTORAT KOTA MAKASSAR BERDASARKAN PERSEPSI PEGAWAINYA ANALISIS KESESUAIAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR DENGAN PERSYARATAN JABATAN DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG : An Analysis On The Suitability Between Official Human Resources And Position Requirements In Sidenreng Rappang Regency / ANDI NILWANA PILIHAN MODA PETE-PETE DAN OJEK DI KOTA MAJENE SULAWESI BARAT : THE CHOICE OF MODES PETE-PETE AND OJEK IN MAJENE TOWN WEST SULAWESI BARAT / WAHYUNI PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN DI KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI : Determination of Handling Priority of Road in Mandonga District of Kendari City / JANY Show More