Cite This        Tampung        Export Record
Judul PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIV/AIDS SISWA/I KELAS X SMAN 3 PALOPO TAHUN AJARAN 2012/2013 / Thomas Darmawan
Pengarang Thomas Darmawan
dr. Muh. Rum Rahim, M. Kes
EDISI Skripsi
Penerbitan Universitas Hasanuddin : Fakultas Kedokteran, 2013
Deskripsi Fisik 81 hlm :ilus
ISMN --thomasdarm-884
/Skripsi/Kedokteran / Medical/Pendidikan Kedokteran/
Subjek Media
HIV,
AIDS,
Remaja,
SMA
Abstrak Latar belakang: AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), yaitu suatupenyakit menular yang disebabkan oleh infeksi human immunodeficiency virus(HIV), merupakan permasalahan kesehatan yang telah menglobal dengan sebaranpenyakit di seluruh dunia. Sebagai salah satu negara yang tergabung dalamdeklarasi Millennium Development Goals (MDGs), Indonesia mempunyaikomitment dalam menuju MDGS 2015 dimana poin ke-6 memiliki tujuan untukmemerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit lain. Dimana dalam target 6.A poin6.5 dikatakan “tercapainya sasaran proporsi penduduk usia 15-24 tahun denganpengetahuan komprehensif tentang HIV / AIDS pada tahun 2015”. Adapun salahsatu cara dalam mencapai target tersebut dengan melalui penyuluhan. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan darimedia pembelajaran terhadap tingkat pengetahuan HIV/AIDS.Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimentaldengan rancangan group pretest-posttest. Sampel berjumlah 97 orang dari 4 kelasyang dipilih secara acak dan dipisahkan ke dalam kedua kelompok perlakuan,penyuluhan metode ceramah dan presentasi dengan proyektor LCD. Kemudianmasing-masing diberikan pretest dan dilakukan perlakuan berupa penyuluhanserta diberikan posttest di akhir perlakuan. Normalisasi data dilakukan denganmengeksklusi sampel dengan nilai ekstrem. Analisis data dilakukan terhadap 76sampel menggunakan Wilcoxon signed rank test dan independent t-test.Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan pada kelompok perlakuan ceramah,yang ditandai dengan peningkatan jumlah jawaban yang benar (Z=-4,550;p=0,000; d=0,830), serta pada kelompok perlakuan presentasi dengan proyektorLCD, yang ditandai dengan peningkatan jumlah jawaban yang benar (Z=-5,863;p=0,000; d=0,864). Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan antarakelompok perlakuan ceramah (M=3,83; SD=2,692) dibandingkan pada kelompokperlakuan presentasi dengan proyektor LCD (M=5,17;SD=2,025); t(74)= -2,473;d=0,574; p=0,016Kesimpulan: Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap tingkatpengetahuan HIV/AIDS siswa/i kelas X SMAN 3 Palopo, dimana mediapembelajaran audio visual berupa presentasi dengan proyektor LCD secarastatistik lebih unggul dalam meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS dibandingkanmedia pembelajaran audio berupa ceramahKata kunci: Media, HIV, AIDS, Remaja, SMA
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000000882
005 20180327102529
008 180327################|##########|#|##
024 0 $a--thomasdarm-884
024 0 $a/Skripsi/Kedokteran / Medical/Pendidikan Kedokteran/
035 # # $a 0010-0517000882
041 $a ind
042 $adc
084 # # $a SKR-K13 THA p
100 0 # $a Thomas Darmawan
245 1 # $a PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIV/AIDS SISWA/I KELAS X SMAN 3 PALOPO TAHUN AJARAN 2012/2013 /$c Thomas Darmawan
246 0 $a#TITLE_ALTERNATIVE#2013
250 # # $a Skripsi
260 # # $a Universitas Hasanuddin :$b Fakultas Kedokteran,$c 2013
300 # # $a 81 hlm : $b ilus
520 # # $a Latar belakang: AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), yaitu suatupenyakit menular yang disebabkan oleh infeksi human immunodeficiency virus(HIV), merupakan permasalahan kesehatan yang telah menglobal dengan sebaranpenyakit di seluruh dunia. Sebagai salah satu negara yang tergabung dalamdeklarasi Millennium Development Goals (MDGs), Indonesia mempunyaikomitment dalam menuju MDGS 2015 dimana poin ke-6 memiliki tujuan untukmemerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit lain. Dimana dalam target 6.A poin6.5 dikatakan “tercapainya sasaran proporsi penduduk usia 15-24 tahun denganpengetahuan komprehensif tentang HIV / AIDS pada tahun 2015”. Adapun salahsatu cara dalam mencapai target tersebut dengan melalui penyuluhan. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan darimedia pembelajaran terhadap tingkat pengetahuan HIV/AIDS.Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimentaldengan rancangan group pretest-posttest. Sampel berjumlah 97 orang dari 4 kelasyang dipilih secara acak dan dipisahkan ke dalam kedua kelompok perlakuan,penyuluhan metode ceramah dan presentasi dengan proyektor LCD. Kemudianmasing-masing diberikan pretest dan dilakukan perlakuan berupa penyuluhanserta diberikan posttest di akhir perlakuan. Normalisasi data dilakukan denganmengeksklusi sampel dengan nilai ekstrem. Analisis data dilakukan terhadap 76sampel menggunakan Wilcoxon signed rank test dan independent t-test.Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan pada kelompok perlakuan ceramah,yang ditandai dengan peningkatan jumlah jawaban yang benar (Z=-4,550;p=0,000; d=0,830), serta pada kelompok perlakuan presentasi dengan proyektorLCD, yang ditandai dengan peningkatan jumlah jawaban yang benar (Z=-5,863;p=0,000; d=0,864). Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan antarakelompok perlakuan ceramah (M=3,83; SD=2,692) dibandingkan pada kelompokperlakuan presentasi dengan proyektor LCD (M=5,17;SD=2,025); t(74)= -2,473;d=0,574; p=0,016Kesimpulan: Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap tingkatpengetahuan HIV/AIDS siswa/i kelas X SMAN 3 Palopo, dimana mediapembelajaran audio visual berupa presentasi dengan proyektor LCD secarastatistik lebih unggul dalam meningkatkan pengetahuan HIV/AIDS dibandingkanmedia pembelajaran audio berupa ceramahKata kunci: Media, HIV, AIDS, Remaja, SMA
540 $a#RIGHTS#
546 $aBahasa Indonesia
650 # # $a AIDS,
650 # $a HIV,
650 # $a Media
650 # # $a Remaja,
650 # # $a SMA
655 0 $adc_document$2local
700 0 # $a dr. Muh. Rum Rahim, M. Kes
786 0 $n#SOURCE_URL#
787 0 $n12014-01-28 10:07:20--thomasdarm-884-1-13-thoma-2.pdf./files/disk1/18/--thomasdarm-884-1-13-thoma-2.pdf/download.php?id=87813-THOMAS DARMAWAN-C11108362.pdfapplication/pdf1638939
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 --thomasdarm-1106-1-13-thoma-2.pdf pdf Baca Online
Content Unduh katalog
 
Karya Terkait :
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK HOTEL DI KOTA KENDARI : AN ANALYSIS ON FACTORS AFFECTING HOTEL TAX REVENUE IN KENDARI CITY / ARNITA DEWI AKURASI AUDIOMETRI IMPEDANS TERHADAP BERA DALAM MENDETEKSI KETULIAN PADA ANAK DENGAN KETERLAMBATAN BICARA ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG MAKASSAR : AN ANALYSIS Of THE INFLUENCE OF LEADERSHIP STYLES ON EMPLOYEES WORKING ACHIEVEMENT AT PT JAMSOSTEK (PERSERO) MAKASSAR BRANCH / H. MUH. SYATIR VALIDITAS KOMBINASI PENGUKURAN ALL – TLL DAN GREATER TROCHANTER – MEDIAL MALLEOLUS LENGTH PADA ESTIMASI MASALAH REGIO HIP JOINT ATAU REGIO FEMORAL : THE VALIDITY OF A COMBINATION OF ALL – TLL AND GREATER TROCHANTER – MEDIAL MALLEOLUS LENGTH MEASUREMENT FOR DETERMINE HIP JOINT OR FEMORAL REGION PROBLEM / ANDI SIRFA MEDIASI SEBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA HUKUM : MEDIATION AS LEGAL CONFLICT SETTLEMENT ALTERNATIVE / R U S T A N Show More