Cite This        Tampung        Export Record
Judul Pengaruh Pendidikan Nonformal dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Kota Makassar (Studi Kasus: SMPN 12 Makassar) / ERNAWATI
Pengarang ERNAWATI
#CONTRIBUTOR#
EDISI Skripsi
Penerbitan Universitas Hasanuddin : Fak ISIPOL, 2013
ISMN --ernawati-9435
/Skripsi/Isipol / social politic/Sosiologi/Sociology/
Subjek Ilmu Pemerintahan
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar dalam peningkatan pendidikan di kota Makassar, mengetahui perbandingan kualitas pendidikan peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar dengan non bimbingan belajar, dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan kualitas pendidikan di kota Makassar.Tipe penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan dasar penelitian survey. Teknik pengumpulan data kuesioner, ialah daftar pertanyaan yang disusun secara sistematis, kemudian dikirimkan untuk diisi oleh responden. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah penyelenggara pendidikan di kota Makassar dan semua siswa SMPN 12 Makassar yang terlibat langsung dengan pendidikan formal dan nonformal (bimbingan belajar) di Makassar dengan penarikan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling, kemudian hasil dari data tersebut dianalisa secara kuantitatif dalam bentuk tabel frekuensi.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar merupakan salah satu bentuk pendidikan nonformal yang sudah berjalan dengan pelaksanaan yang baik di Kota Makassar, mulai dari kurikulum, metode pengajaran, dan pembelajaran. Bimbingan belajar memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Makassar, terbukti pada meningkatnya prestasi peserta didik selama mengikuti bimbingan belajar. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan faktor - faktor yang memengaruhi peningkatan kualitas pendidikan di Kota Makassar, baik itu faktor pendukung seperti tenaga pengajar yang professional dan faktor penghambat seperti kurangnya kompetensi guru.
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000008888
005 20200326074130
008 200326################|##########|#|##
024 0 $a--ernawati-9435
024 0 $a/Skripsi/Isipol / social politic/Sosiologi/Sociology/
035 # # $a 0010-0517008888
041 $a ind
042 $adc
084 # # $a SKR-S13 ERN p
100 0 # $a ERNAWATI
245 1 # $a Pengaruh Pendidikan Nonformal dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Kota Makassar (Studi Kasus: SMPN 12 Makassar) /$c ERNAWATI
246 0 $a-2013
250 # # $a Skripsi
260 # # $a Universitas Hasanuddin :$b Fak ISIPOL,$c 2013
520 # # $a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar dalam peningkatan pendidikan di kota Makassar, mengetahui perbandingan kualitas pendidikan peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar dengan non bimbingan belajar, dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan kualitas pendidikan di kota Makassar.Tipe penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan dasar penelitian survey. Teknik pengumpulan data kuesioner, ialah daftar pertanyaan yang disusun secara sistematis, kemudian dikirimkan untuk diisi oleh responden. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah penyelenggara pendidikan di kota Makassar dan semua siswa SMPN 12 Makassar yang terlibat langsung dengan pendidikan formal dan nonformal (bimbingan belajar) di Makassar dengan penarikan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling, kemudian hasil dari data tersebut dianalisa secara kuantitatif dalam bentuk tabel frekuensi.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar merupakan salah satu bentuk pendidikan nonformal yang sudah berjalan dengan pelaksanaan yang baik di Kota Makassar, mulai dari kurikulum, metode pengajaran, dan pembelajaran. Bimbingan belajar memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Makassar, terbukti pada meningkatnya prestasi peserta didik selama mengikuti bimbingan belajar. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan faktor - faktor yang memengaruhi peningkatan kualitas pendidikan di Kota Makassar, baik itu faktor pendukung seperti tenaga pengajar yang professional dan faktor penghambat seperti kurangnya kompetensi guru.
540 $a#RIGHTS#
546 $aBahasa Indonesia
650 # $a Ilmu Pemerintahan
655 0 $adc_document$2local
700 0 # $a #CONTRIBUTOR#
786 0 $n#SOURCE_URL#
787 0 $n12015-01-07 13:26:27--ernawati-9435-1-13-ernaw-).pdf./files/disk1/189/--ernawati-9435-1-13-ernaw-).pdf/download.php?id=927013-ERNAWATI(FILEminimizer).pdfapplication/pdf751353
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 --ernawati-9435-1-13-ernaw-).pdf pdf Baca Online
Content Unduh katalog
 
Karya Terkait :
ANALISIS PENGARUH KREDIT MIKRO TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI SULAWESI TENGGARA : Analysis of microcredit effect on poverty alleviation through microenterprise development in South East Sulawesi / MUH. YANI BALAKA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA INSPEKTORAT KOTA MAKASSAR BERDASARKAN PERSEPSI PEGAWAINYA ANALISIS KESESUAIAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR DENGAN PERSYARATAN JABATAN DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG : An Analysis On The Suitability Between Official Human Resources And Position Requirements In Sidenreng Rappang Regency / ANDI NILWANA PILIHAN MODA PETE-PETE DAN OJEK DI KOTA MAJENE SULAWESI BARAT : THE CHOICE OF MODES PETE-PETE AND OJEK IN MAJENE TOWN WEST SULAWESI BARAT / WAHYUNI PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN DI KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI : Determination of Handling Priority of Road in Mandonga District of Kendari City / JANY Show More