Cite This        Tampung        Export Record
Judul STUDI KENYAMANAN JALUR PEDESTRIAN PADA KAWASAN WATERFRON
Pengarang NURHIDAYANTI RAHMAN
#CONTRIBUTOR#
Penerbitan #PUBLISHER# 2014
ISMN --nurhidayan-7503
/Skripsi/Teknik / Enggenering/Teknik Kelautan/
Subjek Kawasan Waterfront, Jalur Pedestrian, Kenyamanan
Abstrak Terjadinya tumpang tindih dalam memanfaatkan fungsi fasilitas sosialdalam hal ini jalur pedestrian yang menyebabkan sirkulasi antar ruang menjadikurang nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas berjalan kaki. KawasanWaterfront (Pantai Losari) yang ada di Kota Makassar memiliki tingkat aktivitaspublik yang cukup tinggi sehingga hal ini mengundang pelaku aktivitas ruangpublik lain untuk memanfaatkan hilir mudik pejalan kaki. Analisis deskriptifkualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menggambarkan ukuran dan dimensijalur pedestrian, sarana dan elemen pelengkap jalur pedestrian serta jenisaktivitas/ kegiatan di jalur pedestrian. Sedangkan analisis deskriptif persentasedigunakan untuk menggambarkan persepsi pejalan kaki mengenai tingkatkenyamanan jalur pedestrian. Hasil analisis menunjukkan bahwa jika dilhat darisegi ukuran (lebar) jalur pedestrian yang ada telah sesuai dengan standar ukurankenyamanan (minimal 1,5 m). Namun karena adanya aktivitas tambahan berupaPKL dan kendaraan yang parkir di atas jalur pedestrian menyebabkan pejalankaki kurang merasa nyaman. Dari hasil perhitungan skor data kuesioner dapatdisimpulkan bahwa menurut persepsi pejalan kaki, tingkat kenyamanan jalurpedestrian baik yang ada pada Jalan Penghibur maupun Jalan Somba Opumasih berada pada tingkat “Kurang Baik” atau dengan kata lain kurang nyaman.Olehnya itu dibutuhkan penataan jalur pedestrian baik dari segi penataan sarana/elemen pelengkap yang memadai terutama bagi kaum difable (penyandangcacat) maupun penataan terkait unsur - unsur kenyamanan.Kata
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000006982
005 20170502055828
008 170502||||||||| | ||| |||| ||ind||
024 0 $a--nurhidayan-7503
024 0 $a/Skripsi/Teknik / Enggenering/Teknik Kelautan/
035 0010-0517006982
041 $a ind
042 $adc
100 0 $a NURHIDAYANTI RAHMAN
245 0 0 $a STUDI KENYAMANAN JALUR PEDESTRIAN PADA KAWASAN WATERFRON
246 0 $aSTUDY OF THE COMFORTABLE OF PEDESTRIAN WAY IN THE WATERFRONT AREA2014
260 $b #PUBLISHER# $c 2014
520 $a Terjadinya tumpang tindih dalam memanfaatkan fungsi fasilitas sosialdalam hal ini jalur pedestrian yang menyebabkan sirkulasi antar ruang menjadikurang nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas berjalan kaki. KawasanWaterfront (Pantai Losari) yang ada di Kota Makassar memiliki tingkat aktivitaspublik yang cukup tinggi sehingga hal ini mengundang pelaku aktivitas ruangpublik lain untuk memanfaatkan hilir mudik pejalan kaki. Analisis deskriptifkualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menggambarkan ukuran dan dimensijalur pedestrian, sarana dan elemen pelengkap jalur pedestrian serta jenisaktivitas/ kegiatan di jalur pedestrian. Sedangkan analisis deskriptif persentasedigunakan untuk menggambarkan persepsi pejalan kaki mengenai tingkatkenyamanan jalur pedestrian. Hasil analisis menunjukkan bahwa jika dilhat darisegi ukuran (lebar) jalur pedestrian yang ada telah sesuai dengan standar ukurankenyamanan (minimal 1,5 m). Namun karena adanya aktivitas tambahan berupaPKL dan kendaraan yang parkir di atas jalur pedestrian menyebabkan pejalankaki kurang merasa nyaman. Dari hasil perhitungan skor data kuesioner dapatdisimpulkan bahwa menurut persepsi pejalan kaki, tingkat kenyamanan jalurpedestrian baik yang ada pada Jalan Penghibur maupun Jalan Somba Opumasih berada pada tingkat “Kurang Baik” atau dengan kata lain kurang nyaman.Olehnya itu dibutuhkan penataan jalur pedestrian baik dari segi penataan sarana/elemen pelengkap yang memadai terutama bagi kaum difable (penyandangcacat) maupun penataan terkait unsur - unsur kenyamanan.Kata
540 $a#RIGHTS#
546 $aBahasa Indonesia
650 0 $a Kawasan Waterfront, Jalur Pedestrian, Kenyamanan
655 0 $adc_document$2local
655 0 $as1$2local
700 0 $a #CONTRIBUTOR#
786 0 $n#SOURCE#
786 0 $n#SOURCE_URL#
787 0 $n#RELATION#
787 0 $n1
787 0 $n12014-08-19 14:21:03--nurhidayan-7503-1-14-nurhi-n.pdf./files/disk1/151/--nurhidayan-7503-1-14-nurhi-n.pdf/download.php?id=747714-NURHIDAYANTI RAHMAN.pdfapplication/pdf6723904
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 --nurhidayan-7503-1-14-nurhi-n.pdf pdf Baca Online
Content Unduh katalog
 
Karya Terkait :
ANALISIS PENGARUH KREDIT MIKRO TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI SULAWESI TENGGARA : Analysis of microcredit effect on poverty alleviation through microenterprise development in South East Sulawesi / MUH. YANI BALAKA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA INSPEKTORAT KOTA MAKASSAR BERDASARKAN PERSEPSI PEGAWAINYA ANALISIS KESESUAIAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR DENGAN PERSYARATAN JABATAN DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG : An Analysis On The Suitability Between Official Human Resources And Position Requirements In Sidenreng Rappang Regency / ANDI NILWANA PILIHAN MODA PETE-PETE DAN OJEK DI KOTA MAJENE SULAWESI BARAT : THE CHOICE OF MODES PETE-PETE AND OJEK IN MAJENE TOWN WEST SULAWESI BARAT / WAHYUNI PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN DI KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI : Determination of Handling Priority of Road in Mandonga District of Kendari City / JANY Show More