Cite This        Tampung        Export Record
Judul EFEKTIVITAS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERIMAAN RETRIBUSI SURAT IZIN TEMPAT USAHA (SITU) DI KOTA MAKASSAR / ARSYAL K.
Pengarang ARSYAL K.
EDISI Tesis
Penerbitan Universitas Hasanuddin : Fak. Isipol, 2007
Deskripsi Fisik 130 hlm. :ilus.
ISMN --effectiven-34
/Tesis/Ekonomi / Economic/
Subjek KEUANGAN DAERAH
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas penerimaan Retribusi Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan faktor-faktor yang berhubungan dengan Penerimaan Retribusi SITU di Kota Makassar. Penelitian ini bersifat deskriktif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data sekunder diperoleh dari Dinas Perindustrian dan perdagangan, Kantor Pelayanan Perizinan dan Dinas Pendapatan Daerah Kota Makassar. Sedangkan data primer diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan langsung terhadap pengelolaan Retribusi SITU serta Masyarakat pemilik usaha (Wajib Retribusi). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukan bahwa pendapatan daerah dari penerimaan retribusi SITU cukup potensial hal ini dapat dilihat dari konteribusi retribusi SITU terhadap PAD dan Retribusi daerah pada tahun 2005 meningkat hampir 4 (empat) kali lipat dari tahun sebelumnya namun efektifitas penerimaan dan pengelolaan Retribusi SITU di kota Makassar belum optimal hal ini terlihat dari realisasi retribusi SITU yang cenderung tidak mencapai target yang direncanakan dan penerimaan retribusi SITU sangat berhubungan dengan sumber daya manusia pengelola retribusi SITU, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, serta kesadaran wajib retribusi (masyarakat) sebagai obyek retribusi itu sendiri. Penerimaan dari retribusi SITU akan optimal apabila dikelola oleh pegawai yang memiliki sumber daya manusia yang baik, sarana dan prasarana pendukung yang memadai serta faktor kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan usahanya sebelum menjalankan usaha dalam wilayah Kota Makassar.
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000000002
005 20180125102348
008 180125################|##########|#|##
024 0 $a--effectiven-34
024 0 $a/Tesis/Ekonomi / Economic/
035 # # $a 0010-0517000002
041 $a ind
042 $adc
084 # # $a S2-P07 ARS e
100 0 # $a ARSYAL K.
245 1 # $a EFEKTIVITAS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERIMAAN RETRIBUSI SURAT IZIN TEMPAT USAHA (SITU) DI KOTA MAKASSAR /$c ARSYAL K.
246 0 $aEffectiveness And Factors Related To Retribution Revenue From SITU (License For Firm Place) Makassar City
250 # # $a Tesis
260 # # $a Universitas Hasanuddin :$b Fak. Isipol,$c 2007
300 # # $a 130 hlm. : $b ilus.
520 # # $a Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas penerimaan Retribusi Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan faktor-faktor yang berhubungan dengan Penerimaan Retribusi SITU di Kota Makassar. Penelitian ini bersifat deskriktif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data sekunder diperoleh dari Dinas Perindustrian dan perdagangan, Kantor Pelayanan Perizinan dan Dinas Pendapatan Daerah Kota Makassar. Sedangkan data primer diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan langsung terhadap pengelolaan Retribusi SITU serta Masyarakat pemilik usaha (Wajib Retribusi). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukan bahwa pendapatan daerah dari penerimaan retribusi SITU cukup potensial hal ini dapat dilihat dari konteribusi retribusi SITU terhadap PAD dan Retribusi daerah pada tahun 2005 meningkat hampir 4 (empat) kali lipat dari tahun sebelumnya namun efektifitas penerimaan dan pengelolaan Retribusi SITU di kota Makassar belum optimal hal ini terlihat dari realisasi retribusi SITU yang cenderung tidak mencapai target yang direncanakan dan penerimaan retribusi SITU sangat berhubungan dengan sumber daya manusia pengelola retribusi SITU, ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, serta kesadaran wajib retribusi (masyarakat) sebagai obyek retribusi itu sendiri. Penerimaan dari retribusi SITU akan optimal apabila dikelola oleh pegawai yang memiliki sumber daya manusia yang baik, sarana dan prasarana pendukung yang memadai serta faktor kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan usahanya sebelum menjalankan usaha dalam wilayah Kota Makassar.
546 $aBahasa Indonesia
650 # $a KEUANGAN DAERAH
655 0 $adc_document$2local
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 --effectiven-34-1-ars07.pdf pdf Baca Online
Content Unduh katalog
 
Karya Terkait :
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK HOTEL DI KOTA KENDARI : AN ANALYSIS ON FACTORS AFFECTING HOTEL TAX REVENUE IN KENDARI CITY / ARNITA DEWI PERSEPSI PEDAGANG PASAR TERHADAP FASILITAS PELAYANAN PASAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PUNGUTAN RETRIBUSI DI PASAR PADA KOTA JAYAPURA BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN MAMUJU PERIODE 1995 - 2004 BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN MAMUJU PERIODE 1995 - 2004 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA INSPEKTORAT KOTA MAKASSAR BERDASARKAN PERSEPSI PEGAWAINYA Show More