Cite This        Tampung        Export Record
Judul GAYA BAHASA PENJUAL OBAT KAKI LIMA DI MAKASSAR ANALISIS STILISTIKA / SYAMSUL RIJAL
Pengarang SYAMSUL RIJAL
Hasan Ali
A B. Takko Bandung
EDISI Skripsi
Penerbitan Universitas Hasanuddin : Fak. Ilmu Budaya, 2020
Deskripsi Fisik 84 hlm. :ilus.
Subjek gaya bahasa,
penjual obat,
gaya bahasa penjual obat,
kaki lima
Abstrak Penelitian ini bertujuan menjelaskan jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan oleh penjual obat dan hubungan penggunaan gaya bahasa dominan dengan efek terhadap calon pembeli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data adalah semua penjual obat yang ada di Makassar khusus di pasar Gor Sudiang dan sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode simak (dokumentasi), dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif menurut Moleong. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan oleh penjual obat kaki lima (1) gaya bahasa perumpamaan, (2) gaya bahasa hiperbola, (3) gaya bahasa klimaks, (4) gaya bahasa asidenton, (5) gaya bahasa repitisi, (6) gaya bahasa reduplikasi total. Gaya bahasa yang dominan dengan efek terhadap calon pembeli adalah hiperbola dengan persentase 27%, kemudian diikuti gaya bahasa klimaks dengan persentase 19,4%, kemudian gaya bahasa asidenton 16,6%, sedangkan gaya bahasa repitisi 13,8%, gaya bahasa perumpamaan 13% serta terakhir adalah gaya reduplikasi total 8,3%, dan untuk efek yang ditimbulkan dari gaya bahasa tersebut meliputi pertama adalah membeli barang yang dijual, kedua adalah menyimak secara saksama, dan ketiga adalah membeli karena kebutuhan.

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00000016217 SKR-B20 RIJ g Baca di tempat Perpustakaan Pusat - Koleksi Khusus Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000059574
005 20200916124759
035 # # $a 0010-0920000526
084 # # $a SKR-B20 RIJ g
100 1 # $a SYAMSUL RIJAL
245 1 # $a GAYA BAHASA PENJUAL OBAT KAKI LIMA DI MAKASSAR ANALISIS STILISTIKA /$c SYAMSUL RIJAL
250 # # $a Skripsi
260 # # $a Universitas Hasanuddin :$b Fak. Ilmu Budaya,$c 2020
300 # # $a 84 hlm. : $b ilus.
520 # # $a Penelitian ini bertujuan menjelaskan jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan oleh penjual obat dan hubungan penggunaan gaya bahasa dominan dengan efek terhadap calon pembeli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data adalah semua penjual obat yang ada di Makassar khusus di pasar Gor Sudiang dan sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode simak (dokumentasi), dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif menurut Moleong. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan oleh penjual obat kaki lima (1) gaya bahasa perumpamaan, (2) gaya bahasa hiperbola, (3) gaya bahasa klimaks, (4) gaya bahasa asidenton, (5) gaya bahasa repitisi, (6) gaya bahasa reduplikasi total. Gaya bahasa yang dominan dengan efek terhadap calon pembeli adalah hiperbola dengan persentase 27%, kemudian diikuti gaya bahasa klimaks dengan persentase 19,4%, kemudian gaya bahasa asidenton 16,6%, sedangkan gaya bahasa repitisi 13,8%, gaya bahasa perumpamaan 13% serta terakhir adalah gaya reduplikasi total 8,3%, dan untuk efek yang ditimbulkan dari gaya bahasa tersebut meliputi pertama adalah membeli barang yang dijual, kedua adalah menyimak secara saksama, dan ketiga adalah membeli karena kebutuhan.
650 # # $a gaya bahasa penjual obat,
650 # # $a gaya bahasa,
650 # # $a kaki lima
650 # # $a penjual obat,
700 1 # $a A B. Takko Bandung
700 1 # $a Hasan Ali
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 20_F11116001(FILEminimizer).pdf pdf Download
Content Unduh katalog