Cite This        Tampung        Export Record
Judul EFEKTIFITAS MODUL ASUHAN PERSALINAN KALA IV DENGAN METODE PRECEPTORSHIP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA D-III KEBIDANAN : THE EFFECTIVINESS MATERNITY CARE LEVEL IV MODULE AND PRECEPTORSHIP METHOD TOWARD MIDWIFERY STUDENTS SKILLS / FIRDA LIANTANTY
Pengarang FIRDA LIANTANTY
EDISI Tesis
Penerbitan Universitas Hasanuddin : Fak. Kedokteran, 2019
Deskripsi Fisik 60 hlm. :ilus.
Subjek Modul,
Metode Preceptorship,
Demonstrasi,
Asuhan Persalinan Kala IV,
Keterampilan,
Mahasiswa
Abstrak Latar Belakang: Pelaksanaan pembelajaran terkait erat dengan peran dosen/pembimbing pada lingkungan klinik yang bertujuan mendorong kemandirian dan kepercayaan diri mahasiswa, untuk menciptakan proses pebelajaran yang baik adalah dengan mendesain pengembangan bahan ajar, salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan adalah modul. Modul adalah media yang dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dan dapat menentukan waktu belajar yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul dengan metode preceptorship terhadap peningkatan keterampilan asuhan persalinan kala IV mahasiswa D-III Kebidanan pada mata kuliah asuhan persalinan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen (Pre–test post– test control group design). Populasi seluruh mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah asuhan persalinan dengan jumlah 141 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Sampel sebanyak 141 mahasiswa semeste

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00000013642 S2-K19 FIR e Baca di tempat Perpustakaan Pusat - Koleksi Khusus Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000054988
005 20200115011242
035 # # $a 0010-0120000321
084 # # $a S2-K19 FIR e
100 0 # $a FIRDA LIANTANTY
245 1 # $a EFEKTIFITAS MODUL ASUHAN PERSALINAN KALA IV DENGAN METODE PRECEPTORSHIP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA D-III KEBIDANAN : $b THE EFFECTIVINESS MATERNITY CARE LEVEL IV MODULE AND PRECEPTORSHIP METHOD TOWARD MIDWIFERY STUDENTS SKILLS /$c FIRDA LIANTANTY
250 # # $a Tesis
260 # # $a Universitas Hasanuddin :$b Fak. Kedokteran,$c 2019
300 # # $a 60 hlm. : $b ilus.
520 # # $a Latar Belakang: Pelaksanaan pembelajaran terkait erat dengan peran dosen/pembimbing pada lingkungan klinik yang bertujuan mendorong kemandirian dan kepercayaan diri mahasiswa, untuk menciptakan proses pebelajaran yang baik adalah dengan mendesain pengembangan bahan ajar, salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan adalah modul. Modul adalah media yang dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dan dapat menentukan waktu belajar yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul dengan metode preceptorship terhadap peningkatan keterampilan asuhan persalinan kala IV mahasiswa D-III Kebidanan pada mata kuliah asuhan persalinan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen (Pre–test post– test control group design). Populasi seluruh mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah asuhan persalinan dengan jumlah 141 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Sampel sebanyak 141 mahasiswa semester II di STIKES Program Studi D-III Kebidanan Pelamonia Kesdam VII Wirabuana, sebelumnya dilakukan pre-test terhadap keterampilan asuhan persalinan kala IV kemudian dilakukan pembagian modul terlebih dahulu selanjutnya dilakukan metode preceptorship selama 3 kali pertemuan dengan waktu 2x50 menit pada tiap pertemuan. Pada akhir pertemuan dilakukan post-test. Data dianalisis menggunakan Mann Whitney. Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, nilai (p=0.000, p<0.05 meningkatkan keterampilan mahasiswa D-III Kebidanan semester II tentang asuhan persalinan kala IV pada kelompok modul dan metode preceptorship dibandingkan kelompok demontrasi dan modul. Kesimpulan: Hasil analisis data dan hasil evaluasi pada modul dan metode preceptorsip terjadi peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan asuhan persalinan kala IV pada mahasiswa D-III Kebidanan.
650 # # $a Asuhan Persalinan Kala IV,
650 # # $a Demonstrasi,
650 # # $a Keterampilan,
650 # # $a Mahasiswa
650 # # $a Metode Preceptorship,
650 # # $a Modul,
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 19_P102181053(FILEminimizer).pdf pdf Download
Content Unduh katalog