Cite This        Tampung        Export Record
Judul STUDI PROVENANCE BATUPASIR BONTORIO KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN BONE PROVINSI SULAWESI SELATAN / MUH.IHSAN
Pengarang MUH.IHSAN
EDISI Skripsi
Penerbitan Universitas Hasanuddin : Fak.Teknik, 2019
Deskripsi Fisik 116 hlm. :ilus.
Subjek Batupasir Bontorio,
Measuring Section,
Petrografi,
Recycle Orogen,
Subduction Zone,
Abstrak Provenance merupakan studi untuk menentukan batuan asal dari batuan sedimen. istilah kata provenance berasal dari bahasa Prancis, yaitu provenir yang berarti “berasal dari” (to originate or to come from) atau secara spesifik dapat diartikan sebagai studi untuk mengetahui sumber dari batuan sedimen (Pettijohn, 1987). Batupasir pada daerah penelitian sangat menarik, merupakan Fragmen penyusun dari kompleks Melange Bantimala. Tatanan stratigrafi Batupasir Formasi Paremba berada diantara batuan metamorf yang secara fisik batupasir tidak mengalami metamorfisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, source rock, dan daerah asal batupasir Formasi Paremba pada Sungai Bontorio dengan menganalisis kandungan kuarsa, feldspar, dan litik. Penelitian ini menggunakan metode yaitu orientasi medan, measuring section (MS) dan analisis petrografi. Hasil Analisis measuring section stratigrafi daerah penelitian dibagi tiga satuan dari tua ke yang termuda yakni satuan sekis, satuan batupasir, dan satuan konglomerat. Jenis batupasir terdiri dari batupasir halus, batupasir sedang, batupasir kasar, dan batupasir sangat kasar. Meliputi lithic arenite, lithic wacke, dan feldspathic wacke. Berdasarkan analisis kandungan kuarsa, batupasir pada daerah penelitian tersusun dari kuarsa jenis Polycrystaline, Monocrystaline, Schistose Metamorphic, Recrystalized Metamorphic, Sretched Metamorphic dan plutonic Quartz. Hasil analisis litik fragmen dijumpai jenis batuan beku, dan batuan metamorf (sekis, kuarsit), sehingga source rock Batupasir Formasi Paremba pada Sungai Bontorio berasal dari batuan beku dan batuan metamorf. Sedangkan analisis Q-F-L, provenance batupasir Formasi Paremba termasuk kelompok recycle orogen. Sedangkan analisis Qp-Lv-Ls menunjukkan kelompok recycle orogen berasosiasi dengan subduction zone. Sedangkan analisis Qm-K-P menunjukkan Batupasir Formasi Paremba berasal dari Continental Blok dan Plutonic Arc.

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00000013171 SKR-T19 MUH s Baca di tempat Perpustakaan Pusat - Koleksi Khusus Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000054440
005 20191219125533
035 # # $a 0010-1219000655
084 # # $a SKR-T19 MUH s
100 0 # $a MUH.IHSAN
245 1 # $a STUDI PROVENANCE BATUPASIR BONTORIO KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN BONE PROVINSI SULAWESI SELATAN /$c MUH.IHSAN
250 # # $a Skripsi
260 # # $a Universitas Hasanuddin :$b Fak.Teknik,$c 2019
300 # # $a 116 hlm. : $b ilus.
520 # # $a Provenance merupakan studi untuk menentukan batuan asal dari batuan sedimen. istilah kata provenance berasal dari bahasa Prancis, yaitu provenir yang berarti “berasal dari” (to originate or to come from) atau secara spesifik dapat diartikan sebagai studi untuk mengetahui sumber dari batuan sedimen (Pettijohn, 1987). Batupasir pada daerah penelitian sangat menarik, merupakan Fragmen penyusun dari kompleks Melange Bantimala. Tatanan stratigrafi Batupasir Formasi Paremba berada diantara batuan metamorf yang secara fisik batupasir tidak mengalami metamorfisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, source rock, dan daerah asal batupasir Formasi Paremba pada Sungai Bontorio dengan menganalisis kandungan kuarsa, feldspar, dan litik. Penelitian ini menggunakan metode yaitu orientasi medan, measuring section (MS) dan analisis petrografi. Hasil Analisis measuring section stratigrafi daerah penelitian dibagi tiga satuan dari tua ke yang termuda yakni satuan sekis, satuan batupasir, dan satuan konglomerat. Jenis batupasir terdiri dari batupasir halus, batupasir sedang, batupasir kasar, dan batupasir sangat kasar. Meliputi lithic arenite, lithic wacke, dan feldspathic wacke. Berdasarkan analisis kandungan kuarsa, batupasir pada daerah penelitian tersusun dari kuarsa jenis Polycrystaline, Monocrystaline, Schistose Metamorphic, Recrystalized Metamorphic, Sretched Metamorphic dan plutonic Quartz. Hasil analisis litik fragmen dijumpai jenis batuan beku, dan batuan metamorf (sekis, kuarsit), sehingga source rock Batupasir Formasi Paremba pada Sungai Bontorio berasal dari batuan beku dan batuan metamorf. Sedangkan analisis Q-F-L, provenance batupasir Formasi Paremba termasuk kelompok recycle orogen. Sedangkan analisis Qp-Lv-Ls menunjukkan kelompok recycle orogen berasosiasi dengan subduction zone. Sedangkan analisis Qm-K-P menunjukkan Batupasir Formasi Paremba berasal dari Continental Blok dan Plutonic Arc.
650 # # $a Batupasir Bontorio,
650 # # $a Measuring Section,
650 # # $a Petrografi,
650 # # $a Recycle Orogen,
650 # # $a Subduction Zone,
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 19_D61114011(FILEminimizer).pdf pdf Baca Online
Content Unduh katalog