Cite This        Tampung        Export Record
Judul TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENANGANAN PEMELIHARAAN PRASARANA JALAN KABUPATEN (Studi Kasus Kabupaten Banggai Kepulauan)
Pengarang YORIM MBOLIAN
#CONTRIBUTOR#
Penerbitan #PUBLISHER# 2014
ISMN --yorimmboli-4145
/Tesis/Teknik / Enggenering/
Subjek Kerusakan, kebijakan, Pemeliharaan, Jalan
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis dan penyebab terjadinya kerusakan konstruksi perkerasan jalan, (2) kekuatan struktur perkerasan jalan terhadap beban lalu lintas pada ruas jalan, dan (3) kebijakanpenanganan pemeliharaan prasarana jalan dalam keterbatasan dana.Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Banggai Kepulauan pada ruas jalan Salakan-Sambiut, Bulagi-Sabang dan Alakasing Saiyong.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei kondisi jalan dan mewawancarai stakeholderyang memiliki kompetensi dalam penanganan pemeliharaan jalan.Pengolahan data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.Hasil penelitian menunjukan bahwa luas total kerusakan konstruksi perkerasan jalan yang terjadi yaitu 8936,94 m2 dengan rincian kerusakan fungsional sebesar 6717,12 m2 atau 80% dan kerusakan struktural sebesar 1679,82 m2 atau 20%.Kondisi konstruksi perkerasan jalan mengalami penurunan rata-rata sebesar 28,26% setiap tahunsehingga hanya mampu bertahan hingga 3,54 tahun untuk kegiatan pemeliharaan jalan dan 7,08 tahun untuk kegiatan peningkatan jalan. Program penanganan jalan yang dilakukan selama ini dilaksanakan berdasarkan pagu anggaran sebab keterbatasan alokasi pembiayaan pemeliharaan jalan.Kebijakan dari pemerintah dibutuhkan untuk melakukan pemeliharaan, baik dalam pemeliharaan rutin maupun pemeliharaan berkala yang sistematik dan berkesinambungan.Kata kunci: Kerusakan, kebijakan, Pemeliharaan, Jalan
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000004025
005 20170502022525
008 170502||||||||| | ||| |||| ||ind||
024 0 $a--yorimmboli-4145
024 0 $a/Tesis/Teknik / Enggenering/
035 0010-0517004025
041 $a ind
042 $adc
100 0 $a YORIM MBOLIAN
245 0 0 $a TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENANGANAN PEMELIHARAAN PRASARANA JALAN KABUPATEN (Studi Kasus Kabupaten Banggai Kepulauan)
246 0 $aTHE LEVEL OF ROAD DAMAGE AS THE BASIC OF POLICIES IN DEALING WITH DISTRICT ROAD MAINTENANCE (A Case Study AtBanggai Island District)2014
260 $b #PUBLISHER# $c 2014
520 $a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis dan penyebab terjadinya kerusakan konstruksi perkerasan jalan, (2) kekuatan struktur perkerasan jalan terhadap beban lalu lintas pada ruas jalan, dan (3) kebijakanpenanganan pemeliharaan prasarana jalan dalam keterbatasan dana.Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Banggai Kepulauan pada ruas jalan Salakan-Sambiut, Bulagi-Sabang dan Alakasing Saiyong.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei kondisi jalan dan mewawancarai stakeholderyang memiliki kompetensi dalam penanganan pemeliharaan jalan.Pengolahan data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.Hasil penelitian menunjukan bahwa luas total kerusakan konstruksi perkerasan jalan yang terjadi yaitu 8936,94 m2 dengan rincian kerusakan fungsional sebesar 6717,12 m2 atau 80% dan kerusakan struktural sebesar 1679,82 m2 atau 20%.Kondisi konstruksi perkerasan jalan mengalami penurunan rata-rata sebesar 28,26% setiap tahunsehingga hanya mampu bertahan hingga 3,54 tahun untuk kegiatan pemeliharaan jalan dan 7,08 tahun untuk kegiatan peningkatan jalan. Program penanganan jalan yang dilakukan selama ini dilaksanakan berdasarkan pagu anggaran sebab keterbatasan alokasi pembiayaan pemeliharaan jalan.Kebijakan dari pemerintah dibutuhkan untuk melakukan pemeliharaan, baik dalam pemeliharaan rutin maupun pemeliharaan berkala yang sistematik dan berkesinambungan.Kata kunci: Kerusakan, kebijakan, Pemeliharaan, Jalan
540 $a#RIGHTS#
546 $aBahasa Indonesia
650 0 $a Kerusakan, kebijakan, Pemeliharaan, Jalan
655 0 $adc_document$2local
655 0 $as2$2local
700 0 $a #CONTRIBUTOR#
786 0 $n#SOURCE#
786 0 $n#SOURCE_URL#
787 0 $n1
787 0 $n12014-04-04 14:44:51--yorimmboli-4145-1-14-yorim-5.pdf./files/disk1/83/--yorimmboli-4145-1-14-yorim-5.pdf/download.php?id=412214-YORIM MBOLIAN-P2800210505.pdfapplication/pdf3895813
787 0 $n12014-04-04 14:44:51--yorimmboli-4145-1-14-yorim-5.pdf./files/disk1/83/--yorimmboli-4145-1-14-yorim-5.pdf/download.php?id=412214-YORIM MBOLIAN-P2800210505.pdfapplication/pdf3895813
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 --yorimmboli-4145-1-14-yorim-5.pdf pdf Baca Online
Content Unduh katalog
 
Karya Terkait :
ANALISIS PENGARUH KREDIT MIKRO TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI SULAWESI TENGGARA : Analysis of microcredit effect on poverty alleviation through microenterprise development in South East Sulawesi / MUH. YANI BALAKA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA INSPEKTORAT KOTA MAKASSAR BERDASARKAN PERSEPSI PEGAWAINYA ANALISIS KESESUAIAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR DENGAN PERSYARATAN JABATAN DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG : An Analysis On The Suitability Between Official Human Resources And Position Requirements In Sidenreng Rappang Regency / ANDI NILWANA PILIHAN MODA PETE-PETE DAN OJEK DI KOTA MAJENE SULAWESI BARAT : THE CHOICE OF MODES PETE-PETE AND OJEK IN MAJENE TOWN WEST SULAWESI BARAT / WAHYUNI PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN DI KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI : Determination of Handling Priority of Road in Mandonga District of Kendari City / JANY Show More