Cite This        Tampung        Export Record
Judul ANALISIS SEGMENTASI PASAR PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT IBNU SINA YAYASAN WAKAF – UMI MAKASSAR
Pengarang PRASANTI D.
Penerbitan 2016
ISMN --prasantid-25743
/Skripsi/Kesehatan Masyarakat / Public Health/Ilmu Kesehatan Masyarakat/
Subjek Rumah sakit, segmentasi pasar, pelayanan kesehatan
Abstrak Rumah Sakit Ibnu Sina Yayasan Wakaf-UMI Makassar merupakan salah saturumah sakit islam terbesar di Kota Makassar. Rumah sakit ini merupakan salah saturumah sakit rujukan dengan jumlah pasien yang cukup tinggi di instalasi rawat jalanpada tahun 2015 yakni 24.429 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuisegmentasi pasar rumah sakit berdasarkan karakteristik masyarakat pengguna jasapelayanan kesehatan di instalasi rawat jalan RS Ibnu Sina YW-UMI Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan surveydescriptif. Total sampel sebanyak 109 responden. Data dikumpulkan denganmelakukan wawancara kepada responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisisdistribusi frekuensi dan analisis clusterpada program SPSS.Hasil penelitian diperoleh karakteristik pengguna jasa pelayanan kesehatan diRumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Makassarberdasarkan karakteristik demografiadalah memiliki kategori umur dewasa, berjenis kelamin perempuan, beragama islam,kategori pendidikan tinggi, pekerjaan ibu rumah tangga/tidak bekerja, pendapatansedang, ukuran keluarga kecil, memiliki jaminan kesehatan. Berdasarkan karakteristikgeografi adalah memiliki lokasi tempat tinggal dalam Kota Makassar dan statustempat tinggal rumah sendiri. Berdasarkan karakteristik psikografi adalah memilikimotivasi tinggi dan persepsi baik. Berdasarkan karakteristik perilaku adalah statuspemakai sebagai baru memanfaatkan, pola penggunaan dengan cara pembayaranBPJS Kesehatan, pencarian pengobatan jika sakit ringan, sedang, dan berat dilembaga penyedia pelayanan kesehatan, frekuensi pemanfaatan rumah sakit rendah.Kesimpulan daripenelitiandidapatkan pengguna jasa pelayanan kesehatan diRumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI makassar teridentifikasi tiga segmen pasar yaitusegmen I: health care minimizer (17,4%), segmen II: hospital aversion (56,9%),segmen III: health care maximizer (25,7%).
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000024102
005 20170503063933
008 170503||||||||| | ||| |||| ||ind||
024 0 $a--prasantid-25743
024 0 $a/Skripsi/Kesehatan Masyarakat / Public Health/Ilmu Kesehatan Masyarakat/
035 0010-0517024102
041 $a ind
042 $adc
100 0 $a PRASANTI D.
245 0 0 $a ANALISIS SEGMENTASI PASAR PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT IBNU SINA YAYASAN WAKAF – UMI MAKASSAR
246 0 $a2016
260 $c 2016
520 $a Rumah Sakit Ibnu Sina Yayasan Wakaf-UMI Makassar merupakan salah saturumah sakit islam terbesar di Kota Makassar. Rumah sakit ini merupakan salah saturumah sakit rujukan dengan jumlah pasien yang cukup tinggi di instalasi rawat jalanpada tahun 2015 yakni 24.429 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuisegmentasi pasar rumah sakit berdasarkan karakteristik masyarakat pengguna jasapelayanan kesehatan di instalasi rawat jalan RS Ibnu Sina YW-UMI Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan surveydescriptif. Total sampel sebanyak 109 responden. Data dikumpulkan denganmelakukan wawancara kepada responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisisdistribusi frekuensi dan analisis clusterpada program SPSS.Hasil penelitian diperoleh karakteristik pengguna jasa pelayanan kesehatan diRumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Makassarberdasarkan karakteristik demografiadalah memiliki kategori umur dewasa, berjenis kelamin perempuan, beragama islam,kategori pendidikan tinggi, pekerjaan ibu rumah tangga/tidak bekerja, pendapatansedang, ukuran keluarga kecil, memiliki jaminan kesehatan. Berdasarkan karakteristikgeografi adalah memiliki lokasi tempat tinggal dalam Kota Makassar dan statustempat tinggal rumah sendiri. Berdasarkan karakteristik psikografi adalah memilikimotivasi tinggi dan persepsi baik. Berdasarkan karakteristik perilaku adalah statuspemakai sebagai baru memanfaatkan, pola penggunaan dengan cara pembayaranBPJS Kesehatan, pencarian pengobatan jika sakit ringan, sedang, dan berat dilembaga penyedia pelayanan kesehatan, frekuensi pemanfaatan rumah sakit rendah.Kesimpulan daripenelitiandidapatkan pengguna jasa pelayanan kesehatan diRumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI makassar teridentifikasi tiga segmen pasar yaitusegmen I: health care minimizer (17,4%), segmen II: hospital aversion (56,9%),segmen III: health care maximizer (25,7%).
540 $aCopyright Â(c) 2001 by . Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.
546 $aBahasa Indonesia
650 0 $a Rumah sakit, segmentasi pasar, pelayanan kesehatan
655 0 $adc_document$2local
655 0 $as1$2local
786 0 $n
786 0 $n
787 0 $n
787 0 $n
787 0 $n0
Content Unduh katalog