Cite This        Tampung        Export Record
Judul PERSEPSI PRIVATE SECTOR TERHADAP POTENSI DAN KEBIJAKAN KEUANGAN DAERAH YANG MEMPENGARUHI MINAT INVESTOR
Pengarang RISMAN KUDRAT UMAR
Penerbitan 2011
ISMN --rismankudr-256
/Tesis/Ekonomi / Economic/
Subjek KEUANGAN DAERAH
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menilai, mengukur serta menganalisis secara deskriptif persepsi private sector atas potensi daerah, kebijakan keuangan daerah, kebijakan daya tarik investasi di Kabupaten Gorontalo serta menilai, mengukur dan menganalisis secara deskriptif tentang motivasi private sector untuk tertarik/berminat berinvestasi di Kabupaten Gorontalo. Menggunakan 4 variabel dan 40 indikator yang dieksplorasi melalui instrumen kuesioner, wawancara, telaah dokumen dan observasi langsung yang di deskripsikan secara terstruktur dan saling melengkapi antara satu instrumen dengan instrumen lainnya. Metode analisis menggunakan analisis statisitik deskriptif Central Tendency dan Crosstab, Likert Scale dan Fishbein Analysis yang kemudian dilakukan pengembangan atas formulasi tersebut untuk disesuaikan dengan maksud dan tujuan penelitian. Hasil akhir penelitian menujukkan bawah secara umum keseluruhan variabel dan indikator tentang potensi daerah, kebijakan keuangan, kebijakan daya tarik investasi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo dinilai baik oleh private sector. Hasil analisis lebih lanjut menemukan bahwa terdapat beberapa private sector yang tertarik untuk berinvestasi dan juga terdapat private sector yang tidak berminat untuk berinvestasi di Kabupaten Gorontalo. Atas temuan tersebut penulis merekomendasikan beberapa hal: 1. Perlunya Pemerintah Kabupaten Gorontalo merumuskan kembali arah kebijakan umum pembangunan ekonomi daerah, karena adanya perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan internal maupun eksternal daerah. 2. Perlunya pemerintah memperhatikan basis ekonomi dan mengupayakan sektor sekunder dan sektor tersier sebagai basis ekonomi daerah. 3. Kebijakan pemerintah daerah dalam meningkatkan investasi perlu mensinkronkan kondisi riil melalui berbagai kebijakan daerah seperti pemberdayaan (empowerment) yang dapat dilakukan antara lain dengan pendekatan pengembangan sektor unggulan melalui klaster industri. 4. Perlunya pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk mengkaji kembali kebijakan daerah terutama kebijakan keuangan. 5. Perlunya penelitian lebih lanjut terutama mengenai basis ekonomi daerah, keunggulan komparatif dan kompotitif sektor-sektor ekonomi. viii Serta penelitian menyeluruh (pada lokasi penelitian) atas minat private sector untuk berinvestasi di Kabupaten Gorontalo.
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000000148
005 20170501225756
008 170501||||||||| | ||| |||| ||ind||
024 0 $a--rismankudr-256
024 0 $a/Tesis/Ekonomi / Economic/
035 0010-0517000148
041 $a ind
042 $adc
100 0 $a RISMAN KUDRAT UMAR
245 0 0 $a PERSEPSI PRIVATE SECTOR TERHADAP POTENSI DAN KEBIJAKAN KEUANGAN DAERAH YANG MEMPENGARUHI MINAT INVESTOR
246 0 $a
260 $c 2011
520 $a Penelitian ini bertujuan untuk menilai, mengukur serta menganalisis secara deskriptif persepsi private sector atas potensi daerah, kebijakan keuangan daerah, kebijakan daya tarik investasi di Kabupaten Gorontalo serta menilai, mengukur dan menganalisis secara deskriptif tentang motivasi private sector untuk tertarik/berminat berinvestasi di Kabupaten Gorontalo. Menggunakan 4 variabel dan 40 indikator yang dieksplorasi melalui instrumen kuesioner, wawancara, telaah dokumen dan observasi langsung yang di deskripsikan secara terstruktur dan saling melengkapi antara satu instrumen dengan instrumen lainnya. Metode analisis menggunakan analisis statisitik deskriptif Central Tendency dan Crosstab, Likert Scale dan Fishbein Analysis yang kemudian dilakukan pengembangan atas formulasi tersebut untuk disesuaikan dengan maksud dan tujuan penelitian. Hasil akhir penelitian menujukkan bawah secara umum keseluruhan variabel dan indikator tentang potensi daerah, kebijakan keuangan, kebijakan daya tarik investasi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo dinilai baik oleh private sector. Hasil analisis lebih lanjut menemukan bahwa terdapat beberapa private sector yang tertarik untuk berinvestasi dan juga terdapat private sector yang tidak berminat untuk berinvestasi di Kabupaten Gorontalo. Atas temuan tersebut penulis merekomendasikan beberapa hal: 1. Perlunya Pemerintah Kabupaten Gorontalo merumuskan kembali arah kebijakan umum pembangunan ekonomi daerah, karena adanya perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan internal maupun eksternal daerah. 2. Perlunya pemerintah memperhatikan basis ekonomi dan mengupayakan sektor sekunder dan sektor tersier sebagai basis ekonomi daerah. 3. Kebijakan pemerintah daerah dalam meningkatkan investasi perlu mensinkronkan kondisi riil melalui berbagai kebijakan daerah seperti pemberdayaan (empowerment) yang dapat dilakukan antara lain dengan pendekatan pengembangan sektor unggulan melalui klaster industri. 4. Perlunya pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk mengkaji kembali kebijakan daerah terutama kebijakan keuangan. 5. Perlunya penelitian lebih lanjut terutama mengenai basis ekonomi daerah, keunggulan komparatif dan kompotitif sektor-sektor ekonomi. viii Serta penelitian menyeluruh (pada lokasi penelitian) atas minat private sector untuk berinvestasi di Kabupaten Gorontalo.
540 $a
546 $aBahasa Indonesia
650 0 $a KEUANGAN DAERAH
655 0 $adc_document$2local
655 0 $as2$2local
786 0 $n
786 0 $n
787 0 $n
787 0 $n
787 0 $n0
Content Unduh katalog
 
Karya Terkait :
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK HOTEL DI KOTA KENDARI : AN ANALYSIS ON FACTORS AFFECTING HOTEL TAX REVENUE IN KENDARI CITY / ARNITA DEWI EFEKTIVITAS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERIMAAN RETRIBUSI SURAT IZIN TEMPAT USAHA (SITU) DI KOTA MAKASSAR / ARSYAL K. PERSEPSI PEDAGANG PASAR TERHADAP FASILITAS PELAYANAN PASAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PUNGUTAN RETRIBUSI DI PASAR PADA KOTA JAYAPURA BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN MAMUJU PERIODE 1995 - 2004 BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN MAMUJU PERIODE 1995 - 2004 Show More