Cite This        Tampung        Export Record
Judul MENINGKATKAN KETERAMPILANMEMBACAPERMULAAN BAHASA DAERAH MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGRI 23 TANETE KABUPATEN SOPPENG
Pengarang YUSTINA YANTI
Penerbitan 2015
ISMN --yustinayan-17305
/Skripsi/Ilmu Budaya / Culture Science/Sastra Daerah/
Subjek Bahasa Daerah
Abstrak Keterampilan membaca aksara lontara masih sangat memprihatinkan, terbukti masih banyaknya siswa yang tidak dapat mengenal huruf aksara dengan baik dan benar disebabkan model pembelajaran yang monoton. Model pembelajaran yang kreatif diperlukan agar guru mampu mengakomodasi berbagai macam karakter siswa agar pencapaian hasi belajar dapat maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode bermain dalam pengenalan huruf akasara dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 23 Tanete Kabupaten Soppeng dan untuk mengetahui sgnifikasi peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran metode bermain pada siklus I mampu meningktakan nilai rata-rata kelas pada level angka 72 dengan persentase ketuntasan 40,0%. Selanjutnya pada siklus II stelah mengalami proses refleksi, metode bermain dilanjutkan pada siklus II, temuan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan dengan pencapaian ketuntasan 73,3% dengan nilai rata-rata kelas 76.
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000016078
005 20170502182356
008 170502||||||||| | ||| |||| ||ind||
024 0 $a--yustinayan-17305
024 0 $a/Skripsi/Ilmu Budaya / Culture Science/Sastra Daerah/
035 0010-0517016078
041 $a ind
042 $adc
100 0 $a YUSTINA YANTI
245 0 0 $a MENINGKATKAN KETERAMPILANMEMBACAPERMULAAN BAHASA DAERAH MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGRI 23 TANETE KABUPATEN SOPPENG
246 0 $a2014
260 $c 2015
520 $a Keterampilan membaca aksara lontara masih sangat memprihatinkan, terbukti masih banyaknya siswa yang tidak dapat mengenal huruf aksara dengan baik dan benar disebabkan model pembelajaran yang monoton. Model pembelajaran yang kreatif diperlukan agar guru mampu mengakomodasi berbagai macam karakter siswa agar pencapaian hasi belajar dapat maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode bermain dalam pengenalan huruf akasara dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 23 Tanete Kabupaten Soppeng dan untuk mengetahui sgnifikasi peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran metode bermain pada siklus I mampu meningktakan nilai rata-rata kelas pada level angka 72 dengan persentase ketuntasan 40,0%. Selanjutnya pada siklus II stelah mengalami proses refleksi, metode bermain dilanjutkan pada siklus II, temuan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan dengan pencapaian ketuntasan 73,3% dengan nilai rata-rata kelas 76.
540 $aCopyright Â(c) 2001 by . Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.
546 $aBahasa Indonesia
650 0 $a Bahasa Daerah
655 0 $adc_document$2local
655 0 $as1$2local
786 0 $n
786 0 $n
787 0 $n
787 0 $n#RELATION_EXTERNAL_ENTITIES#
787 0 $n1
Content Unduh katalog