Cite This        Tampung        Export Record
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (GABUNGAN MEMBACA DAN MENULIS) DALAM UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA MAKASSAR PADA SISWA KELAS V SDN 286 MALLOMBONG KEC. HERLANG KAB. BULUKUMBA
Pengarang ANDI ISDAH NURPRAWATI
#CONTRIBUTOR#
Penerbitan #PUBLISHER# 2015
ISMN --andiisdahn-17294
/Skripsi/Ilmu Budaya / Culture Science/Sastra Daerah/
Subjek Bahasa Daerah
Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil yang dicapai oleh siswa kelas V SDN 286Mallombong, Kec. Herlang, Kab. Bulukumba dengan penerapan model pembelajaran CIRCserta menjelaskan faktor-faktor yang menunjang peningkatan keterampilan siswa dalammenulis narasi dengan menggunakan bahasa Makassar. Sampel penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas V SDN 286 Mallombong yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu diawali denganperencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation ), dan refleksi (reflection).Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran CIRC harusdilakukan tindakan pra siklus (prates) kemudian dilanjutkan dengan penerapan modelpembelajaran CIRC yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus diadakan tes akhir(postes) untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil keterampilan siswa dalam menulis narasi dengan menggunakan bahasa Makassarmelalui penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integreted Reading AndComposition) menjadi meningkat, yaitu terlihatnya perbandingan persentase sebelumpengadaan tindakan (Prates), kemudian pengadaan tindakan pada siklus I dan dilanjutkansiklus II yaitu setelah pengadaan tindakan tes akhir (postes). Nilai yang diperoleh siswa padaprates adalah 27,78 % berubah menjadi 61,11 % pada tindakan siklus I, dan terjadipeningkatan 100 % setelah tindakan siklus II (postes). Perbandingan persentase sebelum dansesudah yaitu 100 % - 27,78 % = 72,22 %. Sedangkan faktor yang menunjang peningkatanketerampilan siswa kelas V SDN 286 Mallombong, Kec. Herlang, Kab. Bulukumba dalammenulis narasi dengan menggunakan bahasa Makassar ialah (1) Adanya pengertian khususyang diberikan kepada siswa tentang pentingnya bahasa daerah Makassar untuk dipelajari. (2)Peningkatan latihan menulis yang diberikan oleh guru kepada siswa. (3) Tema-tema yangdiberikan dalam penulisan bahasa daerah makassar harus lebih menarik. (4) Metodepembelajaran yang diterapkan oleh guru harus kreatif. (5) Jumlah buku yang digunakan didalam kelas seharusnya memadai untuk semua siswa.
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000016067
005 20170502182322
008 170502||||||||| | ||| |||| ||ind||
024 0 $a--andiisdahn-17294
024 0 $a/Skripsi/Ilmu Budaya / Culture Science/Sastra Daerah/
035 0010-0517016067
041 $a ind
042 $adc
100 0 $a ANDI ISDAH NURPRAWATI
245 0 0 $a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (GABUNGAN MEMBACA DAN MENULIS) DALAM UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA MAKASSAR PADA SISWA KELAS V SDN 286 MALLOMBONG KEC. HERLANG KAB. BULUKUMBA
246 0 $a#TITLE_ALTERNATIVE#2014
260 $b #PUBLISHER# $c 2015
520 $a Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil yang dicapai oleh siswa kelas V SDN 286Mallombong, Kec. Herlang, Kab. Bulukumba dengan penerapan model pembelajaran CIRCserta menjelaskan faktor-faktor yang menunjang peningkatan keterampilan siswa dalammenulis narasi dengan menggunakan bahasa Makassar. Sampel penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas V SDN 286 Mallombong yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu diawali denganperencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation ), dan refleksi (reflection).Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran CIRC harusdilakukan tindakan pra siklus (prates) kemudian dilanjutkan dengan penerapan modelpembelajaran CIRC yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus diadakan tes akhir(postes) untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil keterampilan siswa dalam menulis narasi dengan menggunakan bahasa Makassarmelalui penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integreted Reading AndComposition) menjadi meningkat, yaitu terlihatnya perbandingan persentase sebelumpengadaan tindakan (Prates), kemudian pengadaan tindakan pada siklus I dan dilanjutkansiklus II yaitu setelah pengadaan tindakan tes akhir (postes). Nilai yang diperoleh siswa padaprates adalah 27,78 % berubah menjadi 61,11 % pada tindakan siklus I, dan terjadipeningkatan 100 % setelah tindakan siklus II (postes). Perbandingan persentase sebelum dansesudah yaitu 100 % - 27,78 % = 72,22 %. Sedangkan faktor yang menunjang peningkatanketerampilan siswa kelas V SDN 286 Mallombong, Kec. Herlang, Kab. Bulukumba dalammenulis narasi dengan menggunakan bahasa Makassar ialah (1) Adanya pengertian khususyang diberikan kepada siswa tentang pentingnya bahasa daerah Makassar untuk dipelajari. (2)Peningkatan latihan menulis yang diberikan oleh guru kepada siswa. (3) Tema-tema yangdiberikan dalam penulisan bahasa daerah makassar harus lebih menarik. (4) Metodepembelajaran yang diterapkan oleh guru harus kreatif. (5) Jumlah buku yang digunakan didalam kelas seharusnya memadai untuk semua siswa.
540 $a#RIGHTS#
546 $aBahasa Indonesia
650 0 $a Bahasa Daerah
655 0 $adc_document$2local
655 0 $as1$2local
700 0 $a #CONTRIBUTOR#
786 0 $n#SOURCE#
786 0 $n#SOURCE_URL#
787 0 $n1
787 0 $n12015-05-06 08:37:21--andiisdahn-17294-1-14-andi-).pdf./files/disk1/346/--andiisdahn-17294-1-14-andi-).pdf/download.php?id=1479314-ANDI ISDAH NURPRAWATI(FILEminimizer).pdfapplication/pdf1317327
787 0 $n12015-05-06 08:37:21--andiisdahn-17294-1-14-andi-).pdf./files/disk1/346/--andiisdahn-17294-1-14-andi-).pdf/download.php?id=1479314-ANDI ISDAH NURPRAWATI(FILEminimizer).pdfapplication/pdf1317327
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 --andiisdahn-17294-1-14-andi-).pdf pdf Baca Online
Content Unduh katalog
 
Karya Terkait :
ANALISIS PENGARUH KREDIT MIKRO TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI SULAWESI TENGGARA : Analysis of microcredit effect on poverty alleviation through microenterprise development in South East Sulawesi / MUH. YANI BALAKA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA INSPEKTORAT KOTA MAKASSAR BERDASARKAN PERSEPSI PEGAWAINYA ANALISIS KESESUAIAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR DENGAN PERSYARATAN JABATAN DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG : An Analysis On The Suitability Between Official Human Resources And Position Requirements In Sidenreng Rappang Regency / ANDI NILWANA PILIHAN MODA PETE-PETE DAN OJEK DI KOTA MAJENE SULAWESI BARAT : THE CHOICE OF MODES PETE-PETE AND OJEK IN MAJENE TOWN WEST SULAWESI BARAT / WAHYUNI PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN DI KECAMATAN MANDONGA KOTA KENDARI : Determination of Handling Priority of Road in Mandonga District of Kendari City / JANY Show More