STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA PAREPARE OLEH DINAS OLAHRAGA PEMUDA DAN PARIWISATA KOTA PAREPARE TRI AMRIANI AMANDA text Universitas Hasanuddin Fak. Isipol 2020 Skripsi 143 hlm. : ilus. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata dalam pengembangan pariwisata Kota Parepare berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan jenis data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi, wawancara serta dokumen terkait pengembangan pariwisata. Adapun fokus penelitian ini adalah memfokuskan pada strategi yang dilakukan oleh Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata Kota Parepare sebagai pihak yang berwenang dalam pengembangan pariwisata di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menyusun strategi yang tepat dalam mengembangkan pariwisata di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Kota Parepare memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikunjungi. Selain itu strategi pengembangan pariwisata menunjukkan bahwa Pemerintah setempat masih memprioritaskan pengembangan kawasan objek wisata di wilayah perkotaan. Wilayah perkotaan menjadi jalur strategis pengembangan daya tarik wisata, terdapat beragam potensi daya tarik wisata, antara lain alam, budaya, sejarah, pendidikan, wisata belanja, serta wisata kuliner. Secara keseluruhan Kota Parepare masih dalam kategori Kota port of call (persinggahan) belum menjadi tourist destination, sebab masih banyak kawasan objek wisata yang perlu diperhatikan, dirawat, dan dioptimalkan pengembangannya menjadi sebuah daya tarik besar sehingga Kota Parepare tidak kalah eksis dengan kota-kota lain dalam aspek kepariwisataannya. TRI AMRIANI AMANDA Pariwisata Strategi Analisis SWOT SKR-S20 TRI s 20200818082233 INLIS000000000058921 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)