STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KOTA PAREPARE OLEH DINAS OLAHRAGA PEMUDA DAN PARIWISATA KOTA PAREPARE /
TRI AMRIANI AMANDA
text
Universitas Hasanuddin : Fak. Isipol,
2020
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi yang
digunakan oleh Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata dalam
pengembangan pariwisata Kota Parepare berdasarkan analisis SWOT.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan
jenis data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi, wawancara
serta dokumen terkait pengembangan pariwisata. Adapun fokus penelitian
ini adalah memfokuskan pada strategi yang dilakukan oleh Dinas Olahraga
Pemuda dan Pariwisata Kota Parepare sebagai pihak yang berwenang
dalam pengembangan pariwisata di Kota Parepare. Penelitian ini
menggunakan analisis SWOT untuk menyusun strategi yang tepat dalam
mengembangkan pariwisata di lokasi penelitian.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Kota Parepare memiliki
banyak potensi wisata yang dapat dikunjungi. Selain itu strategi
pengembangan pariwisata menunjukkan bahwa Pemerintah setempat
masih memprioritaskan pengembangan kawasan objek wisata di wilayah
perkotaan. Wilayah perkotaan menjadi jalur strategis pengembangan daya
tarik wisata, terdapat beragam potensi daya tarik wisata, antara lain alam,
budaya, sejarah, pendidikan, wisata belanja, serta wisata kuliner. Secara
keseluruhan Kota Parepare masih dalam kategori Kota port of call
(persinggahan) belum menjadi tourist destination, sebab masih banyak
kawasan objek wisata yang perlu diperhatikan, dirawat, dan dioptimalkan
pengembangannya menjadi sebuah daya tarik besar sehingga Kota
Parepare tidak kalah eksis dengan kota-kota lain dalam aspek
kepariwisataannya.
Pariwisata,
Strategi,
Analisis SWOT