02791 2200313 4500001002100000005001500021008004100036042000700077024002300084024003400107546002100141787019300162787000600355787019300361540001300554786001300567786001700580246008200597655001500679655002300694035001900717041000800736100002700744700001800771245013500789260002200924520148800946650004302434INLIS00000000002041720170502223042170502||||||||| | ||| |||| ||ind|| adc0 a--wuwuhasrin-219210 a/Jurnal Koleksi Perpustakaan/ aBahasa Indonesia0 n12015-09-30 14:48:28--wuwuhasrin-21921-1-2_pembel-f.pdf./files/disk1/439/--wuwuhasrin-21921-1-2_pembel-f.pdf/download.php?id=178822_pembelajaran_integratif.pdfapplication/octetstream6735780 n10 n12015-09-30 14:48:28--wuwuhasrin-21921-1-2_pembel-f.pdf./files/disk1/439/--wuwuhasrin-21921-1-2_pembel-f.pdf/download.php?id=178822_pembelajaran_integratif.pdfapplication/octetstream673578 a#RIGHTS#0 n#SOURCE#0 n#SOURCE_URL#0 a#TITLE_ALTERNATIVE#Jurnal Pendidikan Vol. 15 No. 1 Maret 2014. ISSN 1411-1942 02localajou 02localadc_document 0010-0517020417 aind0 aWuwuh Asrining Surasmi0 a#CONTRIBUTOR#00aPEMBELAJARAN INTEGRATIF DALAM MATAKULIAH MATERI DAN PEMBELAJARAN IPA SD DENGAN KONSEP DASAR IPA PADA MAHASISWA S1 PGSD UT SURABAYA b#PUBLISHER#c2015 aUntuk meningkatkan kualitas pendidikan IPA di SDIangkah pertama yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas guru dan calon guru IPA di SD, khususnya di lembaga pendidikan guru, salah satunya adalah di UT. Penelitian ini bertujuan untuk pertama mendeskripsikan model implementasi pembelajaran integratif dalam kegiatan tutorial matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD dengan Konsep Dasar IPA pada mahasiswa S-1 PGSD pokjar Kabupaten Tuban. Kedua untuk mendeskripsikan efektifitas implementasi pembelajaran integratif dalam kegiatan tutorial matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD dengan Konsep Dasar IPA dalam meningkatkan penguasaan konsep dasar IPA dan kemampuan membuat perencanaan pembelajaran pada mahasiswa S-1 PGSD pokjar Kabupaten Tuban. Ketiga untuk mendeskripsikan besar pengaruh implementasi pembelajaran integratif dalam kegiatan tutorial matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD dengan Konsep Dasar IPA terhadap prestasi belajar matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD pada mahasiswa S-1 PGSD Pokjar Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang berupa: Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT), Satuan Acara Tutorial (SAT), Rancangan Evaluasi (RE), dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Pengembangan perangkat mengacu pada four D model yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel (1974:6). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan cukup layak digunakan, dapat meningkatkan kemampuan membuat RPP dan hasil belajar mahasiswa; 0aIPA, pembelajaran integratif, 4D model