STRATEGI PENGEMBANGAN PENJUALAN NATA DE COCO MEREK “IS COGOR” DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN GORONTALO : STRATEGI PENGEMBANGAN PENJUALAN NATA DE COCO MEREK “IS COGOR” DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN GORONTALO / ARYATI HABIBIE #CONTRIBUTOR# text local dc_document Universitas Hasanuddin : Program Pascasarjana, 2007 ind Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi alternatif yang perlu diterapkan dalam penjualan nata de coco merek “Is Cogor” untuk meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di pabrik nata de coco merek “Is Cogor” Kelurahan Isimu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Sampel ditentukan dengan sistem sensus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan matrik IE strategi generik yang tepat dan harus dilakukan dalam penjualan nata de coco merek “Is Cogor” untuk meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Gorontalo, yakni strategi konsolidasi dengan perusahaan sejenis untuk relatif lebih defensif. Selanjutnya, strategi utama yang harus dilakukan, yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Adapun melalui matrik TOWS diperoleh beberapa strategi, yaitu pembenahan internal perusahaan, peningkatan kualitas dan kuantitas produk, perluasan pasar keluar daerah Gorontalo dan peningkatan promosi penjualan. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi alternatif yang perlu diterapkan dalam penjualan nata de coco merek “Is Cogor” untuk meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di pabrik nata de coco merek “Is Cogor” Kelurahan Isimu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Sampel ditentukan dengan sistem sensus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan matrik IE strategi generik yang tepat dan harus dilakukan dalam penjualan nata de coco merek “Is Cogor” untuk meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Gorontalo, yakni strategi konsolidasi dengan perusahaan sejenis untuk relatif lebih defensif. Selanjutnya, strategi utama yang harus dilakukan, yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Adapun melalui matrik TOWS diperoleh beberapa strategi, yaitu pembenahan internal perusahaan, peningkatan kualitas dan kuantitas produk, perluasan pasar keluar daerah Gorontalo dan peningkatan promosi penjualan. Keuangan Daerah #RIGHTS#