02934 2200301 4500001002100000005001500021035002000036008003900056042000700095024002100102024006200123546002100185787018200206540001300388786001700401246001000418655002300428041000800451100001300459700001800472245009800490260004900588520192100637650002202558084001802580250001202598300002202610INLIS00000000001080220200723042850 a0010-0517010802200723 | | |  adc0 a--gusmiati-115330 a/Skripsi/Ilmu Budaya / Culture Science/Sastra Asia Barat/ aBahasa Indonesia0 n12015-01-22 08:53:02--gusmiati-11533-1-13-gusmi-).pdf./files/disk1/231/--gusmiati-11533-1-13-gusmi-).pdf/download.php?id=1127313-GUSMIATI(FILEminimizer).pdfapplication/pdf944029 a#RIGHTS#0 n#SOURCE_URL#0 a-2013 02localadc_document aind0 aGUSMIATI0 a#CONTRIBUTOR#1 aPROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI I POLI-POLIA KABUPATEN KOLAKA /cGUSMIATI aUniversitas Hasanuddin :bFak. Sastra,c2013 aSkripsi ini membahas tentang Problematika Pembelajaran Bahasa Arab diSMA Negeri I Poli-polia Kabupaten Kolaka, dengan tujuan : untukmendeskripsikan problem yang di alami dalam hal pembelajaran bahasa Arab diSMA Negeri I Poli-polia Kabupaten Kolaka, serta upaya untuk mengatasipemecahan dari problematika tersebut.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Teknikpengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dandokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah. guru bahasaArab, siswa kelas I dan II.Serta hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya problemproblem dalam pembelajaran bahasa Arab yang berkaitan dengan : Pendidik,Peserta Didik, Metode, Alat (Sarana Pembelajaran) yang kurang lengkap,Pendekatan Pembelajaran yang Kurang Baik, Perencanaan Pembelajaran,Pelaksanaan Pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan problem yangtelah disebutkan, berikut upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untukmengatasinya : dengan cara mengikutkan pendidik bahasa Arab dalam pelatihanpelatihan, memberikan pengertian dan motivasi akan pentingnya belajarkhususnya belajar bahasa Arab pada peserta didik. Upaya problem metode, yaitupendidik bahasa Arab selain mengikuti pelatihan-pelatihan juga berupaya untukmencari metode yang tepat untuk diajarkan. Upaya problem alat atau saranapembelajaran yaitu dengan memaksimalkan penggunaan sarana yang sudah adadan meningkatkan kreatifitas guru. Upaya problem pendekatan pembelajaran yaitudengan cara memahami karakteristik setiap peserta didik. Upaya problem padaperencanaan pembelajaran yaitu dengan cara merencanakan apa yang akandilakukan di dalam kelas walaupun tidak secara detail. Problem pelaksanaanPembelajaran yaitu dengan cara mengupayakan pembelajaran yang baik. Upayaproblem evaluasi pembelajaran yaitu dengan cara menambah jam pelajaran di luarjam sekolah tentang materi bahasa Arab. aSastra Asia Barat aSKR-B13 GUS p aSkripsi a101 hlm. :bilus.